Butuh bantuan? Hubungi 085260190193

Rukun Menikah dan Syarat Sahnya dalam Islam

Jakarta – Menikah bukan asal mempersatukan dua insan. Namun ada syarat agar nikah itu menjadi sah di mata agama.

Bagi yang mau menikah, harus benar-benar memperhatikan syarat sah nikah dan rukunnya berikut ini. Sebab kalau salah satu tidak ada, tidak sah menikahnya di mata agama.

Hukum nikah adalah sunah karena nikah sangat dianjurkan oleh Rasulullah. Hukum asal nikah adalah sunah bagi seseorang yang memang sudah mampu untuk melaksanakannya sebagaimana hadits Nabi riwayat Al-Bukhari nomor 4779 berikut ini:

يا معشر الشباب من استطاع منكم الباءة فليتزوج، فإنه أغض للبصر وأحصن للفرج، ومن لم يستطع فعليه بالصوم، فإنه له وجاءٌ

Artinya, “Wahai para pemuda, jika kalian telah mampu, maka menikahlah. Sungguh menikah itu lebih menenteramkan mata dan kelamin. Bagi yang belum mampu, maka berpuasalah karena puasa bisa menjadi tameng baginya.”

Rukun Menikah

1. Mempelai laki-laki

Syarat sah menikah adalah ada mempelai laki-laki. Pernikahan dimulai pada saat akad nikah.

2. Mempelai Perempuan

Sahnya menikah kedua yakni ada mempelai perempuan yang halal untuk dinikahi. Dilarang untuk memperistri perempuan yang haram untuk dinikahi seperti pertalian darah, hubungan persusuan, atau hubungan kemertuaan.

3. Wali Nikah Perempuan

Syarat sah menikah berikutnya adanya wali nikah. Wali merupakan orangtua mempelai perempuan yakni ayah, kakek, saudara laki-laki kandung (kakak atau adik), saudara laki-laki seayah, saudara kandung ayah (pakde atau om), anak laki-laki dari saudara kandung ayah.

4. Saksi Nikah

Menikah sah bila ada saksi nikah. Tidak sah menikah seseorang bila tidak ada saksi. Syarat menjadi saksi nikah yakni Islam, baligh, berakal, merdeka, lelaki, dan adil. Dua orang saksi ini diwakilkan oleh pihak keluarga, tetangga, ataupun orang yang dapat dipercaya untuk menjadi seorang saksi.

5. Ijab dan Qabul

Terakhir, syarat sah nikah yakni ijab dan qabul. Ijab dan qabul adalah janji suci kepada Allah SWT di hadapan penghulu, wali, dan saksi. Saat kalimat “Saya terima nikahnya”, maka dalam waktu bersamaan dua mempelai laki-laki dan perempuan sah untuk menjadi sepasang suami istri.

Syarat sah nikah

Selain rukun, dalam Islam ada syarat sah nikah yang wajib dipenuhi:

1. Beragama Islam

Pengantin pria dan wanita harus beragama Islam. Tidak sah jika seorang muslim menikahi non muslim dengan menggunakan tata cara ijab dan qabul Islam.

2. Bukan Laki-laki Mahrom bagi Calon Istri

Pernikahan diharamkan jika mempelai perempuan merupakan mahrom mempelai laki-laki dari pihak ayah. Periksa terlebih dulu riwayat keluargasebelum dilakukan pernikahan.

3. Wali Akad Nikah

Wali akad nikah mempelai perempuan yakni ayah. Namun jika ayah dari mempelai perempuan sudah meninggal bisa diwakilkan oleh kakeknya. Pada syariat Islam, terdapat wali hakim yang bisa menjadi wali dalam sebuah pernikahan. Meski demikian, penggunaan wali hakim ini juga nggak sembarangan.

4. Tidak Sedang melaksanakan haji

Syarat sah menikah berikutnya yakni tidak sedang berhaji. Seperti dalam hadits Riwayat Muslim:

“Seorang yang sedang berihram tidak boleh menikahkan, tidak boleh dinikahkan, dan tidak boleh mengkhitbah.” (HR. Muslim no. 3432)

5. Bukan Paksaan

Syarat sah menikah terakhir yakni menikah bukan karena paksaan. Pernikahan karena keikhlasan dan pilihan kedua mempelai untuk hidup bersama.

———
Artikel ini sudah Terbit di news.detik.com, dengan Judul Rukun Menikah dan Syarat Sahnya dalam Islam, pada URL https://news.detik.com/berita/d-4830385/rukun-menikah-dan-syarat-sahnya-dalam-islam/2

Artikel Serupa

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Mungkin Anda juga suka

Sambut Ramadan 1441 H, Kemenag Aceh Siapkan Imsakiyah

Banda Aceh (Humas) - Menyambut bulan suci Ramadan, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh telah menyiapkan jadwal imsakiyah Ramadhan 1441 H/2020 M...

Termurah Se-Indonesia, Ongkos Haji Aceh 2020 Rp 31.454.602

Banda Aceh (Humas) Biaya Perjalanan Ibadah  Haji (BIPIH) tahun 1440H/2020 M untuk Jamaah Calon Haji (CJH) asal embarkasi Aceh sebesar...

Rukun Menikah dan Syarat Sahnya dalam Islam

Jakarta - Menikah bukan asal mempersatukan dua insan. Namun ada syarat agar nikah itu menjadi sah di mata agama.Bagi yang mau...

Dipilih Sebagai KUA Teladan, KUA KBJ Lakukan Pembenahan

ACEH BESAR—Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Krueng Barona Jaya (KBJ) dipilih oleh Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar sebagai KUA Teladan yang akan...